4 Makna tersirat dalam kata AMIN

Menarik juga dibahas makna kata AMIN yang kebetulan disematkan pada nama Afdoli. Makna afdoli AMIN menjadi lebih hidup. Sebagaimana dalam tulisan Makna afdoli AMIN diperkenalkan saat mulai mendeklarasikan diri sebagai bakal calon Bupati Simalungun, dimana AMIN memiliki makna sendiri.

Namun jika di lihat dari arti kata AMIN itu sendiri ternyata arti AMIN dalam makna afdoli AMIN tetap bersinergi. Hal ini karena arti kata AMIN memiliki arti yang berbeda dalam memiliki makna kebaikan, walaupun dengan berbeda pengucapan.

Dalam beberapa rujukan bahwa kata AMIN secara lafazh atau pengucapannya dapat kita bagi dalam 4 bagian yang disebut 4 Makna tersirat dalam kata AMIN yaitu Amin, Aamin, Amiin, dan Aamiin. Keempatnya memiliki makna yang berbeda sesuai dengan panjang pendek pengucapannya.

Diambil dari Bahasa Arab, AMIN dapat memiliki perbedaan arti sesuai pengucapannya yaitu:
1. Amin (alif dan mim sama-sama dibaca pendek) berarti Aman, Tentram
2. Aamin (alif dibaca panjang & mim dibaca pendek), artinya Meminta Perlindungan Keamanan
3. Amiin (alif dibaca pendek & mim dibaca panjang), artinya Jujur dan Terpercaya
4. Aamiin (alif & mim sama-sama dibaca panjang), artinya Ya Allah, Kabulkanlah Do’a Kami

Itulah 4 Makna tersirat dalam kata AMIN yang dapat berbeda hanya karena panjang pendek pengucapannya. Ke-4 arti kata tersebut sama sama mempunyai makna yang baik. Namun hanya panjang pendeknya saja yang perlu diperhatikan sehingga AMIN yang kita sebutkan sesuai dengan maksud kita menyampaikannya. 

Oleh karena itu jika dipadukan dengan nama Afdoli, keempat makna tersebut cocok karena aman, tentram, meminta perlindungan keamanan, jujur terpercaya dan perkenankan lah do’a kami terlengkapi dengan afdoli dengan arti terbaik ataupun hanya nama yang digunakan dalam pencalonan Bupati Simalungun. Bahkan untuk AMIN bermakna Ya Allah, perkenankan lah do’a kami, telah sering diucapkan saat menyambut ucapan para sahabat saat bertemu atau bersalaman dengan menyebut:”Pak, Calon Bupati.” Dan saya menawab singkat dengan senyuman :”Aamiin”. Dengan harapan semoga do’a bersama dapat dikabulka Allah SWT.

Semoga kita gak berlomba-lomba juga menjadi nama AMIN sebagai nama anggota keluarga kita selanjutnya. Masih banyak nama-nama lain yang dapat dijadikan sebagai rujukan sebagai cita-cita terbaik bagi generasi kita selanjutnya.



Semoga bermanfaat
Share on Google Plus

About Afdoli ApMsi

Bukan Siapa-siapa, Bisa Jadi Siapa Saja, Untuk Siapa Saja. Simalungun BangKIT (berkemBang dengan Kreatif penuh Inovatif menjadi Terbaik) menuju Indonesia Baru Afdol melalui Cara Indonesia Bangkit dengan Sahabat Indonesia berubah.
Komentar facebook
0 Komentar blog

0 komentar :

Posting Komentar