Asal Nama Afdoli

Apalah arti sebuah nama, mungkin ungkapan seperti ini sering Anda dengar. Namun pernahkan kita berpikir bahwa dalam sebuah nama terkandung sebuah cita-cita dan tujuan hidup. Sebuah nama terkadang merupakan identitas siapa diri kita. Tidak salah jika dalam pemilihan baik pemilihan legislatif, pemilihan presiden maupun pemilihan kepala daerah Gubernur, Bupati dan Walikota, kita selalu berusaha mencari padanan nama dan kata yang terbaik sehingga dapat diterima masyarakat. Namun terkadang nama tersebut hanya simbolis untuk mendekatkan diri kepada masyarakat, sehingga berlaku pada saat masa kampanye. Padahal seharusnya itu menjadi motonya selama ia memimpin agar dia termasuk orang-orang yang komitmen.

Untuk sebuah nama afdoli, sudah sepantasnya saya berterima kasih kepada orang tua yang telah memberikan nama yang dapat menginspirasi hari-hari untuk terus berusaha menjadi yang terbaik. Terlahir dari kedua orang tua yang beretnis jawa yakni Paimun Saslan dan sani tidak serta merta membuat orangtua membuat nama seperti orang jawa pada umumnya.

Ada 2 makna yang dapat ditarik dari sebuah nama afdoli yaitu :
  1. Afdoli berasal dari penggalan kata “Af” dan “Doli”. Af merupakan idiom kebalikan dari PA sebagai awalan nama Bapak “Paimun” sehingga tidak heran kami anak sekeluarga, semuanya memiliki awalan nama Af. Sedangkan Doli dalam bahasa batak berarti anak muda atau anak laki-laki. Jadi nama afdoli dapat dimaknai sebagai anak laki-laki Bapak (Paimun). Insiprasi nama ini juga yang saya teruskan untuk kedua putra putri saya.
  2. Afdoli merupakan penggalan kata Afdol dan i. Dimana Afdol dalam bahasa arab atau Alquran yang telah lazim digunakan dalam bahasa Indonesia yang bermakna lebih utama atau terbaik. 
Saya merasa bersyukur dapat diberikan kesempatan menyandang nama tersebut, karena bagaimana pun keadaan dan situasi saya tetap selalu afdol, terbaik. Mengingat apapun yang dianugerahkan Allah sang Maha Pencipta kepada kita tentulah yang terbaik untuk kita.

Semoga kita semua dapat memberikan nama yang terbaik untuk disandangkan pada nama anak-anak kita. Karena dengan nama itu ia akan dapat berkembang menuju arah dan cita-cita yang kita kehendaki.
Share on Google Plus

About Afdoli ApMsi

Bukan Siapa-siapa, Bisa Jadi Siapa Saja, Untuk Siapa Saja. Simalungun BangKIT (berkemBang dengan Kreatif penuh Inovatif menjadi Terbaik) menuju Indonesia Baru Afdol melalui Cara Indonesia Bangkit dengan Sahabat Indonesia berubah.
Komentar facebook
0 Komentar blog

0 komentar :

Posting Komentar