Berkah Wisata Simalungun

Rasa Syukur pantas kita panjatkan kepada Tuhan yang Maha Kuasa, karena Berkah Wisata Simalungun. Simalungun secara wilayah cukup komplit dengan potensi wilayah pengunungan dan wilayah dataran rendah. Tidak salah jika Kabupaten Simalungun sering dibagai dalam 2 kelompok yaitu Simalungun Atas (SIMAS) dan Simalungun Bawah (SIMBA) atau simalungun hataran sebagai nama yang diajukan sebagai bakal calon kabupaten Pemekaran.

Dengan dua wilayah tersebut tidak heran jika Simalungun memiliki cukup banyak potensi pariwisata sebagai Berkah Wisata Simalungun. Siapa tidak tahu dengan Danau Toba sebagai danau terbesar di Indonesia bahkan di asia tenggara. Namun tahukah anda jika sebagian besar wilayah danau toba berada dalam wilayah kabupaten Simalungun? Dari beberapa teman yang disana sebagian masih geleng kepala. Bagaimana dengan anda..? dan sebenarnya kota parapat sebagai gerbang pintu masuk kawasan danau toba adalah salah satu dari 31 kecamatan di kabupaten Simalungun.

Dan Berkah Wisata Simalungun tidak hanya itu saja, masih banyak potensi wisata di Kabupaten Simalungun. Dan Jika dapat kita klasifikasi Pariwisata di Kabupaten Simalungun ada 4 yaitu

  1. Wisata alam terdiri dari danau toba dengan Kota Parapat, Haranggaol, Tiga Ras, Tanjung Unta, dan masih banyak lagi. Air terjunTonduhan, Bukit, bah biak, H. Bingan dan lainnya. Dan wisata air panas tinggi raja.
  2. Wisata Budaya terdiri dari Bangunan Rumah Bolon, Museum dan lainnya. Batu Gajah, silaon dan lainnya. Bangunan Keramat Kubah.
  3. Wisata Agro terdiri dari wisata perkebunan teh sidamanik, bah butong, sarimatondang dan lainnya. Wisata perkebunan kelapa sawit PTPN3, PTPN4., PT Lonsum dan lainnya. Dan kawasan botanical garden dengan kebun anggreknya.
  4. Wisata Rekreasi terdiri dari wisata pemandian yang hampir ada disetiap wilayah kabupaten simalungun seperti pemandian karang anyer, Pemandian alam sejuk (PAS) timuran, Bahapal, manigom dan lainnya. Wisata kuliner bombongan dan gelanggang renang di panei.
Dengan Berkah Wisata Simalungun ini seharusnya Kabupaten Simalungun dapat menjadi Kabupaten yang kaya dan besar untuk mensejahterakan masyarakatnya. Namun Potensi Berkah Wisata Simalungun yang dimiliki tidak berbanding lurus dengan kunjungan wisata. Sejak akhir 90-an pariwisata di Kabupaten Simalungun menunjukan gejalan penurunan dengan segala permasalahannya. Banyak kendala dilapangan yang harus menjadi perhatian semua instansi terkait dan stakeholdernya. Sudah berapa kali pergantian Bupati Simalungun, namun pariwisata masih jauh dari harapan membuat pesimis penggiat pariwisata. Hal ini yang juga sempat penulis rasakan saat melaksanakan pentas Seni siantar siamalungun Sumatera utara.
Berkah Wisata Simalungun afdoli simalungun indonesia untuk bangkit

Semoga momen pilkada ini muncul calon Bupati Simalungun tahun ini yang berani memasang target untuk meningkat kunjungan wisata ke Kabupaten Simalungun baik dari manca Negara maupun lokal. Seorang calon Bupati Simalungun setidaknya harus berani pasang target menaikkan kenaikan kunjungan wisata 200-300% untuk menopang pembangunan simalungun untuk Simalungun Bangkit menuju Simalungun yang mandiri dan sejahtera.
Share on Google Plus

About Afdoli ApMsi

Bukan Siapa-siapa, Bisa Jadi Siapa Saja, Untuk Siapa Saja. Simalungun BangKIT (berkemBang dengan Kreatif penuh Inovatif menjadi Terbaik) menuju Indonesia Baru Afdol melalui Cara Indonesia Bangkit dengan Sahabat Indonesia berubah.
Komentar facebook
0 Komentar blog

0 komentar :

Posting Komentar